Apa ini Kapitalisme?

11Saya masih ingat saat kawan-kawan mahasiswa turun ke jalan. Memasang poster besar-besar anti kapitalisme. Tatapanku kosong. Sebenarnya apa kapitalisme? Hari ini teks book kuliah sekilas membahas kapitalisme. Katanya, kapitalisme adalah salah satu dari madzhab ekonomi dunia. Madzhab ekonomi yang menjunjung tinggi kepemilikan pribadi. Pikirku lalu apa salahnya dengan kepemilikan pribadi?

Saat saya masuk WC umum, saya benar-benar tidak nyaman. Bau, kotor, dan berantakan. Saya pun masuk WC yang dikelola perorangan walaupun harus bayar dua ribu rupiah tapi saya menemukan kenyamanan di sana. Jika saya berpendapat WC yang dikelola pribadi ternyata lebih baik, apa itu salah? apakah saya kapitalisme? Pikiranku mencoba menghubung-hubungkan apa yang kubaca dengan pengalaman pribadi.

Katanya kapitalisme itu tentang privatisasi. Banyak orang di negera ini menentangnya, katanya perusahaan privat berorientasi mencari keuntungan sehingga  privatisasi merugikan kepentingan public. O…sekarang saya mulai sedikit mengerti mengapa mereka menolak kapitalisme.

Tapi. Tapi buku ini belum berakhir. Kelihatannya penulisnya kapitalisme tulen. Katanya membantah, privatisasi tidak merugikan negara. Dia kuatkan pendapatnya dengan contoh-contoh nyata, yang menurutnya itu sulit terbantahkan.

Pertama, industri telekomunikasi. Dulu sepenuhnya dikuasi PT. Telkom, dengan himbauannya “bicaralah seperlunya”. Setelah swasta masuk dalam bisnis telekomunikasi, iklan yg muncul “bicaralah sepuas-puasnya”. Katanya, bukankah saat dikuasa Negara saja hasilnya malah kurang baik?

Kedua, industri penerbangan. Pada awalnya hanya PT. Garuda dan PT. Merpati yang leluasa pake mesin jet, perusahaan swasta sangat dibatasi. Sekarang perusahaan swasta boleh dg leluasa menggunakan mesin jet. Katanya, kondisi manakah yg lebih baik bagi masyarakat, saat ada pembatasan bagi perusahaan swasta atau saat swasta dibebaskan menggunakan mesin jet?

Hmm…banyak hal yang belum kumengerti, perlu belajar lebih banyak lagi…

Kampus IPB, 25 Februari 2013

Tinggalkan Balasan

