Merindu Kenikmatan Penghambaan

sholatKota Hujan, 28 Desember 2012. Kapan? Kapan saat itu tiba? Saat dimana sholatku menjadi rehatnya badan, hati dan pikiran dari segala kelelahan. Seperti saat Rosulullah meminta kepada Bilal, “Wahai Bilal, istirahatkan kami dengan sholat.” [HR. Ahmad]

Kapan? Kapan saat itu tiba? Saat dimana aku bisa mengatakan seperti yang dikatakan Khalid bin Walid, “Satu malam pengantin yang dihadiahkan kepadaku tidak lebih aku sukai daripada satu malam yang dingin mencekam sementara aku berada dalam barisan yang esok harinya hendak berjihad fi sabilillah”.

Kapan? Kapan saat itu tiba? Saat dimana aku bisa mengatakan seperti yang dikatakan Abu Sulaiman ad Darani, “Kenikmatan yang dirasakan orang-orang yang beribadah di malam hari lebih hebat daripada hiburan orang-orang yang berfoya-foya di siang hari. Jika bukan karena waktu malam, maka aku tidak suka berlama-lama hidup di dunia”.

Kapan? Kapan saat itu tiba? Saat dimana aku bisa mengatakan seperti yang dikatakan ‘Amir bin Abdil Qais saat sakit menjelang ajal, “Sungguh aku menangis bukan karena takut mati, bukan pula karena ambisi untuk hidup lama di dunia ini, tapi aku menangis karena tak lagi bisa shaum di hari yang panas dan sholat di malam yang dingin.”

Kapan? Kapan saat itu tiba? Saat dimana air mataku bisa meleleh sedih karena tak bisa menjalankan perintah-Nya. Seperti kesedihan shahabat nabi yang tak bisa ikut perang Tabuk menempuh 1.000 km perjalanan. “Dan tiada berdosa atas orang-orang yang apabila mereka datang kepadamu, supaya kamu memberi mereka kendaraan, lalu kamu berkata: “Aku tidak memperoleh kendaraan untuk membawamu.” lalu mereka kembali, sedang mata mereka bercucuran air mata karena kesedihan, lantaran mereka tidak memperoleh apa yang akan mereka nafkahkan.” [QS. At Taubah: 92]

Tuhan, berilah hamba-Mu kenikmatan penghambaan….

Kota Hujan, 28 Desember 2012

Tinggalkan Balasan

