Ramadhanku Telah Berlalu

Tidak ada kesedihan. Tidak ada air mata. Dan tidak ada kekhawatiran. Ramadhan telah berlalu seperti bulan-bulan lainnya berlalu. Tidak ada kesedihan. Tidak ada air mata. Dan tidak ada kekhawatiran.

Ternyata belum seperti orang-orang terdahulu beriman. “Wahai sekalian manusia, kalian telah berpuasa selama 30 hari. Kalian pun telah melaksanakan shalat tarawih setiap malamnya. Kalian pun keluar dan memohon pada Allah agar amalan kalian diterima. Namun sebagian salaf malah bersedih ketika hari raya Idul Fitri. Dikatakan  kepada mereka, “Sesungguhnya hari ini adalah hari penuh kebahagiaan.” Mereka malah mengatakan, “Kalian benar. Akan tetapi aku adalah seorang hamba. Aku telah diperintahkan oleh Rabbku untuk beramal, namun aku tidak mengetahui apakah amalan tersebut diterima ataukah tidak”, khutbah Umar bin ‘Abdul Aziz saat hari raya Idul Fitri .

Mereka bersedih. Bukan karena kelalaian dalam beramal. Namun karena kesungguhan dalam beramal yang beriring kekhawatiran tidak diterimanya amal. Seperti firman-Nya “Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang penuh khawatir, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Rabb mereka” (QS. Al Mu’minun: 60)”

‘Ali bin Abi Thalib Ra mengatakan, “Mereka para salaf begitu berharap agar amalan-amalan mereka diterima daripada banyak beramal. Bukankah engkau mendengar firman Allah Ta’ala, “Sesungguhnya Allah hanya menerima (amalan) dari orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Maaidah: 27)”

Kata Malik bin Dinar, “Tidak diterimanya amalan lebih kukhawatirkan daripada banyak beramal.” 

Tidak aneh para shahabat Nabi SAW saat bertemu di antara mereka pada hari raya mereka saling mendoakan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum “Semoga Allah menerima amalan kami dan amalan kamu”.

Ramadhan telah berlalu. Semoga Allah menerima amalan hamba-Nya ini.

Medan, 1 syawal 1433 H

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s