Sudahkah Kamu Bersyukur?

Hai anak muda yang sedang berbahagia atas keberhasilanmu. Mengertilah hakikatnya kamu tidak bersyukur sebelum kamu mengamalkan tiga rukun syukur.

Pertama, mengakui dengan sepenuh hati nikmat itu hanyalah dari Allah datangnya. Bukan semata-mata atas kepandaian dan kerja kerasmu. Janganlah kamu seperti Qorun yang mengatakan, “Sesungguhnya harta kekayaan ini, tidak lain kecuali dari hasil kehebatan ilmuku (Al-Qashash: 78).” Tapi bersikaplah seperti Sulaiman AS “Ini adalah bagian dari karunia Allah, untuk mengujiku apakah aku bersyukur atau kufur (An-Naml: 40).”

Kedua, bersyukurlah dengan lisanmu. “Dan terhadap nikmat Tuhanmu, Maka hendaklah kamu siarkan (Ad-Duhaa: 11).” Orang beriman minimal mengucapkan hamdalah (alhamdulillah) ketika mendapatkan kenikmatan.

Ketiga, gunakanlah kenikmatan tersebut untuk menggapai ridho Allah, karena Dia-lah yang memberikannya.

Anak muda, kalau kamu sudah bisa mengamalkan ketiga rukun itu, Tuhan berjanji suatu saat nanti akan memberikan kenikmatan yang jauh lebih besar lagi.

Terimakasih hati kecilku. Engkau telah mengingatkanku.

Nb: alhamdulillah, ada kabar saya dapat beasiswa untuk studi S2 he🙂

oOo

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih”. [QS. Ibrahim:7]

Medan, 9 Agustus 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s