Dosa Bawalah Aku ke Surga

Aneh memang. Namun saya rasa itu sangat mungkin terjadi. Ada saatnya perbuatan dosa justru membawa ke surga. Dan sebaliknya. Perbuatan baik yang dilakukan justru kandas. Tak mampu membawa ke surga. Ibnul Qayyim menyebutkan konon generasi salaf mengatakan, “Seseorang mungkin melakukan suatu dosa, yang karenanya ia masuk surga; dan ia mungkin melakukan ketaatan, yang karenanya ia masuk neraka”. Kadangkala itulah yang terjadi. Sejarah telah mengabadikannya.

Wanita itu telah melakukan dosa besar. Bayangkan saja, dia berani berbuat zina. Berbuat keji. Dosanya menggunung. Dosanya mengusik ketenangan jiwanya. Dosanya membayangi pelupuk matanya. Dosanya membuatnya gelisah. Menyesal. Mendorongnya menemui Rosulullah SAW, “Ya Rosulullah sesungguhnya aku telah hamil karena berzina. Tegakan hukum atasku”. Jawab Nabi, “Tunggulah sampai anakmu lahir”. Setelah anaknya lahir dan disusui wanita itu pun datang kembali, “Ya Rosululah sekarang aku mohon kepadamu tegakan hukum atasku”. Akhirnya hukum benar-benar ditegakan. Wanita itu dirajam. Dilempari batu hingga mati. Orang-orang menganggap wanita itu sangat hina. Bahkan kuburannya pun dicaci maki. Kata Nabi, “Ketahuilah sesungguhnya wanita yang kalian pandang hina itu, saat ini sedang berendam di sungai surga. Dan seandainya taubatnya dibagikan penduduk madinah niscaya mencukupi”. Itulah mafhum hadits yang diriwayatkan Muslim.

Iya itulah yang terjadi. Dia masuk surga. Keterlanjurannya berbuat dosa membuatnya takut kepada Allah. Mendorongnya bertaubat. Menumbuhkan semangat berbuat kebaikan.Sebaliknya kadang orang melakukan suatu amalan besar, bisa celaka akibat amalnya. Dia merasa kagum dengan dirinya yang bisa beramal ‘shalih’. Kekagumannya bisa jadi membatalkan amalnya dan menjadikannya ‘lupa diri’. Dan kalau itu terus berlanjut bisa membuatnya tidak selamat di akhirat.

Medan, 20 April 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s