Mengejar Impian

gb2Impian ini, sederhana saja. Saat orang bertanya kenapa dulu masuk IPB? Karena saat itu saya berfikir biar hemat biaya, waktu, dan tenaga saya harus masuk perguruan tinggi lewat PMDK. Ternyata saya keduluan temen-temen, formulir PMDK habis. Tinggal formulir PMDK IPB gak ada yang mau ambil. Akhirnya saya ambil, dan Alhamdulillah diterima.

Impian ini, sederhana saja. Kenapa milih fakultas kehutanan? Karena kelihatannya enak, sering praktek lapang, jalan-jalan, dan kadang ke luar Jawa. Ternyata benar seperti itu.

Impian ini, sederhana saja. Kenapa milih pekerjaan yang sekarang? Karena saat itu saya berfikir pekerjaannya halal, salary diatas rata-rata, dan lokasi saya bekerja tidak jauh dari tempat pengajian.

Impian ini, sederhana saja. Kenapa pingin resign dari pekerjaan yang sekarang? Karena setelah satu tahun bekerja, saya sadar ada pekerjaan yang lebih mulia. Saya ingin menjadi dosen, karena:

1. Dosen pekerjaan yang sangat mulia. Mengajar mahasiswa supaya pintar. Mendidik mahasiswa supaya berkelakuan baik. Itu pekerjaan yang memberi manfaat bagi ribuan orang. Kalau mahasiswa menjadi baik. Keluarga mereka ikut senang. Masyarakat dan bangsa jadi ikut baik. Berbeda kalau saya menjadi karyawan perusahaan seperti saat ini. Semakin saya bekerja keras maka hanyalah pemilik perusahaan yang paling saya untungkan. Padahal sebaik-baik orang adalah yang paling bermanfaat bagi yang lain.

2. Dosen memiliki waktu luang yang lebih banyak. Bekerja di swasta sangat menyita waktu. Setiap hari 8 jam kerja ditambah 2 jam macet pulang pergi kantor  jadi genap 10 jam kerja per hari. Belum lagi kalau ada pekerjaan lembur. Hidup habis untuk pekerjaan. Memang uang yang didapat lebih banyak. Tapi kebahagian tak cukup diperoleh hanya dengan uang. Kehidupan tidak hanya di dunia saja. Kita harus mempersiapkan kehidupan di akhirat, meluangkan waktu kita untuk menuntut ilmu agama, mengamalkannya dan mendakwahkannya.

3. Dosen lebih bersih dari subhat. Saya rasa di sektor kehutanan institusi pendidikan tinggi adalah lembaga yang paling bersih dari uang dan pekerjaan subhat dibanding institusi pemerintah lainnya dan dibanding di perusahaan swasta.

Kalau ini baik bagiku pasti Dia memudahkan jalannya. Bismillah mengejar impian ^^

Tinggalkan Balasan

