Catatanku

Tips Mengatur Uang Supaya Untung

Posted on: Juni 23, 2011

“Sebentar lagi gajian”, kata temen di akhir bulan. Saya jadi ingat seni mengatur keuangan. Seni mengatur keuangan bukanlah milik konglomerat. Seni mengatur keuangan tidak melihat penghasilan besar atau kecil, miskin atau kaya. Kesuksesan seni mengatur keuangan merupakan setengah dari sukses finansial. Namun, yang lebih penting lagi pertanyaan paling berat di hari kiamat adalah tentang uang atau harta. Khusus untuk harta seseorang ditanya dua hal, dari mana didapat? Dan untuk apa digunakan?.

“Tidak beranjak dua tapak kaki manusia pada hari kiamat sehingga ditanya empat hal. Mengenai umurnya, buat apakah dihabiskan? Mengenai ilmunya, apakah yang sudah dilakukan dengan ilmunya? Mengenai hartanya, dari sumber manakah dia peroleh dan ke manakah dia belanjakan? Dan tubuh badannya, apakah yang sudah dia perbuat?” [HR .At-Tirmidzi, hasan shahih]

Lalu bagaimana mengatur keuangan supaya untung dunia akhirat? Mungkin tips ini bisa membantu:

1. Saat gajian yang pertama kali dilakukan adalah menunaikan kewajiban yaitu membayar zakat 2,5 % (saya sarankan mengikuti pendapat berapa pun penghasilan yang diterima ya harus dizakati) dan membayar cicilan hutang (bagi yang punya hutang).

2. Selanjutnya menabung. Kebiasaan menabung di akhir kita rubah nabung di awal yaitu setelah gajian. Biasanya kalau menabung di akhir itu uang kita sudah habis he2…(pengalaman pribadi). Berapa persen yang harus ditabung? Kalau kata buku sih minimal 10 % dari penghasilan biar aman, yang jelas tergantung keperluan kita di masa depan: untuk dana darurat, nikah (bagi yang belum nikah he…), beli rumah, pendidikan anak, dll.

Tidak kalah penting tabungan haji dan qurban, berapa pun penghasilan kita marilah kita sisihkan untuk tabungan haji dan untuk bisa menyembelih hewan qurban setiap tahunnya. Walaupun karena kecilnya uang yang kita tabung untuk haji sampai kita sendiri tidak tahu di usia berapa bisa haji he2…Yang jelas sebagai salah satu bentuk bersyukur atas nikmat, kalau kita besyukur Allah pasti menambah [QS. 14:7]. Dan salah satu bentuk berusaha menjalankan perintah Allah semaksimal mungkin, karena kita harus menjalankan perintah semaksimalnya [QS.64:16]. Insyaallah kalau kita bersungguh-sungguh di jalan Allah pasti Allah memberi kemudahan [QS. 69:29].

3. Membantu orang terutama kerabat dekat. Kalau memang berpenghasilan yang cukup bantulah terlebih dahulu orang terdekat seperti ortu, kakak, adik, keponakan dll. “Sesungguhnya sedekah kepada orang miskin pahalanya satu sedekah, sedangkan sedekah kepada kerabat pahalanya dua; pahala sedekah dan pahala menjalin hubungan kekerabatan.” [HR. An Nasai, Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih]

4. Baru setelah itu semua boleh untuk keperluan yang lain yang Anda suka. Mau jalan-jalan, nonton, shopping, teraktir temen, terserah deh yang penting jangan maksiat.

Selamat mempraktekan semoga berhasil dan untung dunia akhirat. Setelah itu semua baru kita belajar berinvestasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 28,104 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 578 pengikut lainnya.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 578 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: